Cara merawat kucing - ANABUL NEWS Cara merawat kucing

Cara merawat kucing

Cara Merawat Kucing dengan Baik

 

Selain memberikan makanan yang tepat, ada beberapa cara merawat kucing agar tumbuh sehat. Yuk, pelajari tentang perawatan kucing dan tips perawatan kucing yang tepat berikut ini.  

Kucing adalah hewan peliharaan yang disukai banyak orang karena menggemaskan. Sayangnya, meski bisa mendapatkan teman baru di rumah, tidak semua orang bisa merawat kucing.

Selain tempat tinggal dan makan, kucing membutuhkan perawatan agar tetap sehat. Cara merawat kucing dengan benar Simak tipsnya di bawah ini:  

1. Sediakan makanan bergizi


Cara memelihara kucing yang pertama adalah dengan memberikan makanan yang berkualitas baik dan bergizi.

Kucing membutuhkan taurin dan asam amino esensial untuk kesehatan jantung dan mata. Hewan cantik ini juga membutuhkan daging kaya protein untuk memperkuat jantung, penglihatan, dan sistem reproduksinya.

Daging sapi, ayam, dan kalkun yang dimasak sangat baik untuk kucing. Hindari daging mentah atau busuk untuk mencegah kucing sakit.

“Berikan makanan sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan umur kucing. Kucing di bawah 12 bulan membutuhkan makanan kaya protein lebih banyak dibandingkan kucing di atas 12 bulan,” ujar drh. Jepriadi Kertavinata.

Agar kucing tidak bosan dengan menu yang sama terus menerus, ganti makanannya sedikit demi sedikit.  

2. Membersihkan kucing secara rutin

Meski jarang mandi, kebanyakan kucing relatif bersih. Namun, Anda harus merawat kucing Anda dengan menyisir bulunya secara teratur.

Menyisir bulu kucing Anda secara teratur akan membuatnya tetap bersih, mencegah kerontokan dan mengurangi penggumpalan.

Jika perlu, kucing juga bisa dimandikan sekitar 1-2 kali dalam sebulan, tergantung kebersihannya. 

3. Sediakan air minum

Kucing membutuhkan banyak air untuk menghindari dehidrasi. Pastikan mangkuk minum mudah diakses dan terlihat oleh hewan peliharaan Anda.

“Menyediakan air minum yang selalu tersedia. Coba air murni atau air matang,” kata drh. Jepriadi.

 4. Rutin Membersihkan Tempat Tidur Kucing

 
Perawatan kucing yang tepat bisa dimulai dengan menyediakan tempat khusus untuk tidur dan istirahat. Anda bisa menyiapkan tempat yang nyaman, seperti alas tidur yang ditutupi selimut, agar kucing tetap hangat.

Cuci tempat tidur kucing secara teratur untuk mencegah kotoran dan bakteri terbawa arus. Bakteri dan kuman dapat membuat kucing lebih rentan terhadap penyakit. 

5. Ganti kotak kotorannya

Cara merawat kucing lainnya adalah dengan membersihkan dan mengganti kotak pasir (litter box atau kotak pasir) secara rutin setiap hari. Jika ada lebih dari satu kucing di dalam rumah, pisahkan kotak kotorannya.

6. Lakukan vaksinasi

Pada umumnya anak kucing memulai vaksinasi pada umur 6-8 minggu - 16 minggu. Setahun kemudian dia harus mendapat dorongan. Kucing dewasa lebih jarang membutuhkan vaksinasi, biasanya hanya setiap satu hingga tiga tahun.

Sistem kekebalan hewan siap untuk merespons infeksi di masa mendatang oleh mikroorganisme ini. drh. Jepriadi, Anda bisa memvaksinasi kucing secara rutin dan membasmi cacing setiap 1-3 bulan sekali.

7. Pemeriksaan rutin oleh dokter hewan

Tips lain dalam merawat kucing adalah dengan rutin membawanya ke dokter hewan. Pemeriksaan rutin dapat membantu Anda menemukan penyakit berbahaya yang mungkin diderita kucing.

Anda dapat memvaksinasi kucing, menyikat giginya, atau mensterilkannya. Jika kucing menunjukkan tanda-tanda keracunan, diare, lemas atau kondisi berbahaya lainnya, segera hubungi dokter hewan terdekat. 

8. Isolasi kucing yang sakit

Apakah ada lebih dari satu kucing di rumah? Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin. Jika salah satunya sakit, pisahkan dari kucing yang sehat agar tidak tertular. 

9. Meminta pertemuan

Kucing juga bisa bosan. Mereka membutuhkan hiburan dan suka berinteraksi dengan orang atau kucing lain.

Jika Anda melihat kucing sering menggaruk atau memanjat, instingnya adalah bermain.

“Ajari kucing bersosialisasi dan berinteraksi dengan manusia, kucing lain, dan lingkungan, terutama saat mereka pindah ke lokasi baru. Kalau bisa, beri kucing tempat bermain dan tempat mencakar dan memanjat,” ujar drh. Jepriadi.

Kucing adalah hewan peliharaan yang membutuhkan perawatan khusus. Termasuk makanan, tempat tidur dan gaya hidup sehat. Rawat hewan berbulu ini dengan baik agar tumbuh sehat dan bebas stres.

Jika Anda melihat adanya tanda atau gejala berbahaya pada kucing Anda, seperti diare, lemas, kehilangan nafsu makan, muntah dan lainnya, segera hubungi dokter hewan Anda. Cari tahu masalah kesehatan hewan peliharaan Anda dengan Tanya Dokter. Selalu ingat #JagaKesehatan dan hewan peliharaan Anda dimanapun mereka berada.

*** dikutip oleh para Ahli di KLIKDOKTER

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk pakan kucing jalanan dan memperpanjang domain www.anabul.store. Terima kasih.

Anabul Related Posts

Anabul Related Posts

Anabul™ Store

Welcome The Cat Story about Fur Cub Bandits and Catlover channels and This channel was created to facilitate the sharing of knowledge and stories concerning the life of street cats. theBandits feline A program is in place to help stray or street cats that need it, especially sick ones, kittens that are still with their moms, undernourished cats, and others. Videos will be shown to educate or evoke empathy for cats who must live close to humans and must thus live on the streets or in shelters. We may all hopefully view and listen to the videos to increase our concern for other living beings.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
CONTACT US

Head Office.

icon 1 Perum Margahayu Raya, Jl. Pluto Selatan 1, Margasari, Buahbatu, Bandung, Jawa Barat 46396

icon 2 059106818666

icon 3 Monday - Sunday, 09.00 - 17.00


×