18 Fakta Unik Tentang Kucing - ANABUL NEWS 18 Fakta Unik Tentang Kucing

18 Fakta Unik Tentang Kucing

18 Fakta Unik Tentang Kucing, Cat Lovers Wajib Tahu!

18 Fakta Unik Tentang Kucing - Anabuls, apakah kamu pecinta kucing? Kucing adalah salah satu hewan peliharaan favorit para pecinta hewan. Hal ini tidak mengherankan karena hewan berbulu ini memiliki wajah yang cantik dan menggemaskan. Selain tingkah lakunya yang menggemaskan, kucing merupakan mamalia yang sering menjadi hewan peliharaan banyak keluarga di seluruh dunia. Hewan peliharaan seperti kucing memang bisa mencerahkan harimu. Bahkan ada yang percaya bahwa kucing adalah hewan yang bisa menghilangkan stres atau meredakan ketegangan setelah bekerja lho, Anabuls! Jika Anda berhati-hati, kucing suka bermalas-malasan, seperti pembohong yang menjalani gaya hidup pasif. Menariknya, fakta ini membuat perawatan menjadi lebih menarik. Hewan berkaki empat dengan meong yang khas ini dikenal setia dan cerdas. Kucing adalah predator kecil yang bernama latin Felis silvestris catus. Kucing berevolusi 6.000 tahun SM. bercampur dengan kehidupan manusia. Dahulu, orang Mesir kuno menggunakan kucing untuk menjauhkan hewan pengerat seperti tikus dari lumbung yang digunakan untuk menyimpan gabah. Sedangkan memelihara kucing sudah menjadi hobi baru bagi masyarakat. Sebagai mamalia kusam, kucing akan memakan hampir semua yang mengandung tumbuhan, karena mereka dapat berburu dan membunuh hewan seperti kelinci, burung, katak, kadal, ikan, dan serangga. Kucing dikenal sebagai predator yang terampil, berburu lebih dari 1000 spesies hewan untuk dimakan. Pecinta hewan memelihara banyak jenis kucing, yaitu kucing rumahan, kucing kampung, dan kucing silsilah. Kucing ras adalah hewan yang silsilahnya didokumentasikan secara resmi, seperti Angora, Siam, Persia, Manx, Sphynx, Bengal, dan Maine Coon. Kucing ini biasanya dibesarkan di fasilitas hewan peliharaan resmi. Di seluruh dunia, jumlah kucing ras hanya 1%. Selebihnya adalah kucing ras campuran seperti kucing liar atau kucing kampung. Dengan reputasi sebagai penyendiri, kucing ternyata memiliki banyak keunikan tersendiri. Anabul News kali ini mengulas fakta-fakta unik seputar kucing yang perlu Anda ketahui. Apa saja fakta unik tentang kucing? Simak ulasan selanjutnya, Anabul.  

18 Fakta Unik Tentang Kucing

1. Tidak bisa merasakan manis

Mengejutkan, bukan? Ternyata kucing adalah mamalia yang tidak mengenal rasa manis. Meskipun setiap mamalia memiliki gen yang dapat merasakan rasa manis, Anabuls memilikinya.

Pada umumnya mamalia memiliki reseptor T1R2 dan T1R3 di ujung sel pengecap yang berasa manis. Namun, sel rasa ini tidak bekerja dengan baik pada kucing. Nah, itu sebabnya kucing, sebagai mamalia, tidak bisa merasakan manis.

2. Menghabiskan 70% dari hidupnya untuk tidur

Kucing sering disebut sebagai hewan peliharaan yang malas. Anabuls mungkin melihatnya lebih sering tidur daripada bermain, bukan? Ya, ternyata kucing hanya bisa tidur 15-20 jam sehari.

Wah, sudah lama sekali, ya. Mengapa kucing menghabiskan 70% hidupnya hanya untuk tidur? Kucing yang hidup di antara manusia sebagai predator kecil membutuhkan lebih banyak energi untuk berburu. Tidur adalah cara kucing menghemat energinya. 

3. Ia memiliki 95,6% gen yang sama dengan harimau

Kucing, yang senang mengendus, menyelinap, dan menerkam mangsanya, sebenarnya berbagi gen 95,6 derajat dengan harimau. Ini membuat kucing kurang lebih mirip dengan harimau.

4. Bisa berlari sangat cepat

Kucing rumahan yang sering kita jumpai bisa berlari dengan sangat cepat saat terancam. Tidak perlu meragukan kecepatan kucing. Kucing berlari untuk menangkap binatang atau menghindari berbagai ancaman berbahaya yang dihadapinya. 

Kucing diyakini mampu berlari 30 mil per jam, Anabuls. Kecepatan 30 km/jam setara dengan mengendarai sepeda motor kecepatan sedang.

5. Kucing tertua di dunia berumur 38 tahun

Kucing adalah mamalia krepuskular dengan usia rata-rata 12-15 tahun. Seekor kucing di Austin, Texas, AS, dinobatkan sebagai kucing tertua yang masih hidup di dunia dengan usia 38 tahun 3 hari. Kucing bernama Creme Puff ini masuk dalam Guinness Book of World Records (GWR) yang hidup dari tahun 1967 hingga 2005. Pemiliknya pasti merawat Creme Puff dengan sangat baik, ya. Rahasia umur panjang Creme Puff adalah makan bacon, telur, asparagus, dan brokoli.

6. Telinga kucing bisa berputar 180°

Apakah Anabuls pernah melihat kucing memutar telinganya? Hewan peliharaan ini memiliki kemampuan memutar telinganya hingga 180°, Anabuls. 

Kucing memiliki 32 otot yang mengendalikan telinganya. Dengan otot yang begitu besar, kucing dapat menggerakkan telinganya tanpa menoleh ke arah sumber suara yang didengarnya.

7. Dapat merasakan emosi manusia

Apakah kucing pernah mendekati Anabuls saat sedang sedih? Percaya atau tidak, kucing dewasa bisa merasakan emosi manusia, terutama pemiliknya. Hewan berbulu ini dapat memahami emosi manusia seperti kesedihan, kegembiraan dan kemarahan.

Kucing biasanya datang dan mencoba menghiburmu saat kamu sedih. Faktanya, beberapa kucing rumah bertindak sebagai pengawal untuk melindungi Anda. Tidak heran Anda menemukan kisah kucing-manusia yang unik dan menyentuh. 

8. Dia memiliki penglihatan malam

Meski disebut hewan pemalas, ternyata kucing bisa melihat dengan sangat baik di kegelapan. Kucing, salah satu hewan peliharaan yang paling populer, memiliki kemampuan khusus untuk melihat, yaitu night vision. Kucing memiliki organ yang disebut tapetum lucidum, yang dapat memantulkan cahaya dan membantunya melihat dalam cahaya redup. 

9. Kumis kucing adalah alat navigasi

Kucing menggunakan kumisnya sebagai sensor gerak. Kucing memiliki penglihatan siang hari yang buruk. Nah, janggut bisa dijadikan sensor untuk mengukur jarak atau pergerakan sepanjang hari. Sebagai alat sensorik atau navigasi, kumis kucing tidak boleh dipotong atau dicabut.

Selain penglihatan malam, kucing juga menggunakan kumisnya sebagai alat bantu navigasi di kegelapan atau saat senja. Di tempat yang cukup gelap dan sempit, kucing mampu menangkap mangsanya lho, Anabuls.

10. Kucing bisa berkeringat

Orang yang berada di bawah sinar matahari cenderung berkeringat karena sengatan panas. Tapi bagaimana dengan hewan seperti kucing? Sama seperti manusia, kucing juga bisa berkeringat.
Ingatlah bahwa kucing memiliki kelenjar keringat di bagian bawah bantalan kakinya. Hal ini menyebabkan hewan berkumis ini hanya mengeluarkan keringat melalui cakarnya. Gramids dapat melihat kaki kucing dan kaki berkeringat saat suhu sedang panas.

11. Bisa melompat hingga 6 kali panjang tubuhnya

Kucing yang bugar ditemukan mampu melompat hingga 6 kali panjang tubuhnya. Misalnya, kucing peliharaan Anda tingginya 65 sentimeter. Nah, itu artinya dia bisa melompat hingga 390 sentimeter.
Dia sering menggunakan lompatan ini saat berburu untuk menangkap burung, kupu-kupu, dan capung secara naluriah. Di rumah, Anabuls harus memberi kucing ruang untuk mengekspresikan diri. Anabuls sebagai pemilik kucing dapat melatih keterampilan mereka dengan menyediakan ruang dan waktu.

12. Kucing membutuhkan vaksinasi

Menjaga kesehatan kucing sangat penting dan membutuhkan perhatian. Pemilik kucing harus divaksinasi setiap tahun. Vaksinasi yang harus dilakukan terbagi menjadi dua jenis, yaitu vaksin umum dan vaksin khusus. Untuk mencegah terjadinya distemper atau panleukopenia, parvo dan infeksi pernafasan, wajib dilakukan vaksinasi umum sebagai pemilik kucing Anabuls. Meski diberikan vaksin khusus untuk menghindari risiko rabies.

13. Menjilat tubuh untuk menghilangkan kotoran dan parasit

Mbul sering melihat kucing menjilati bagian tubuhnya, bukan? Ini bukan tanpa alasan. Kucing, hewan dengan wajah lucu, menjilati tubuhnya untuk menghilangkan kotoran dan parasit.
Selain itu, jilatan tubuh juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Kecerdasan kucing untuk menjilati tubuhnya telah diturunkan dari generasi ke generasi melalui evolusi. Selama jutaan tahun, pengetahuan tentang manfaat lidah kucing telah tertanam secara genetik.

14 Suara dengkuran mengurangi stres dan memperkuat tulang

Jika kucing rumahmu mendengkur, jangan berhenti, Anabuls. Studi tersebut menemukan bahwa kucing mendengkur dengan frekuensi konstan, yakni 25 dan 150 hertz. Suara dengkuran diyakini dapat meredakan stres dan memperkuat tulang seseorang.
Selain itu, dengkuran kucing juga dapat membantu mengatasi sesak napas atau sesak napas pada anak. Anda bisa membuktikannya jika anak Anda tidak alergi bulu kucing, bukan? 

15. Domestikasi kucing terjadi sekitar 9.000 tahun yang lalu

Perhatikan bahwa domestikasi kucing terjadi 9000 tahun yang lalu. Selama ribuan tahun terakhir, gen kucing telah bergeser dari kucing hutan liar ke kucing domestik yang lebih kecil. Menurut laporan National Geographic, ada penelitian yang menunjukkan bahwa nenek moyang kucing modern berasal dari sekitar 4.400 tahun sebelum masehi. menyebar dari Asia barat daya ke dataran Eropa.

16 Hewan soliter atau mandiri

Di dunia nyata atau di film, Anda sering melihat kucing nongkrong dengan kawanannya. Namun, hewan berbulu ini juga bisa hidup mandiri. Di alam liar, kucing membutuhkan kecerdasan untuk hidup mandiri.
Kecerdasan ini dapat membantunya bertahan hidup, bertarung, berburu, dan menikmati dunia. Jadi jangan heran jika Anda memperhatikan bahwa kucing rumahan Anda suka menyendiri. Ingatlah bahwa sifat ini tidak mutlak, karena banyak kucing rumahan suka hidup berkelompok. 

17. Memiliki keseimbangan tubuh yang sangat baik

Anabuls sering melihat kucing berlarian di pinggir tembok atau di atas atap tanpa terjatuh kan? Ya, itulah salah satu kelebihan kucing dalam mengendalikan tubuhnya. Kucing memiliki kemampuan keseimbangan tubuh yang sangat baik dibandingkan mamalia lainnya.

Hewan berkaki empat ini memiliki tulang belakang yang lentur didukung kecerdasan yang sangat tinggi. Kucing memiliki otak yang dapat bekerja dengan cepat dan sensitif untuk menyeimbangkan tubuh di ketinggian.

18. Dia memiliki 300 juta korteks serebral

Kucing adalah mamalia yang struktur otaknya seperti primata dan anjing dapat berfungsi secara optimal. Sebuah penelitian menemukan bahwa kucing memiliki 300 juta korteks serebral. Jumlah ini sesuai dengan jumlah di korteks serebral anjing dan hewan lainnya. Bagian otak mamalia yang mengatur aktivitas dan rasionalitas dalam hubungannya dengan peristiwa lingkungan disebut korteks serebral. Selain itu, 300 juta korteks kucing dapat menjadi tempat penyimpanan memori jangka pendek dan jangka panjang. 

*** diulas oleh: ( Farah Fadila | Gramedia Blog

















DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk pakan kucing jalanan dan memperpanjang domain www.anabul.store. Terima kasih.

Anabul Related Posts

Anabul Related Posts

Anabul™ Store

Welcome The Cat Story about Fur Cub Bandits and Catlover channels and This channel was created to facilitate the sharing of knowledge and stories concerning the life of street cats. theBandits feline A program is in place to help stray or street cats that need it, especially sick ones, kittens that are still with their moms, undernourished cats, and others. Videos will be shown to educate or evoke empathy for cats who must live close to humans and must thus live on the streets or in shelters. We may all hopefully view and listen to the videos to increase our concern for other living beings.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
CONTACT US

Head Office.

icon 1 Perum Margahayu Raya, Jl. Pluto Selatan 1, Margasari, Buahbatu, Bandung, Jawa Barat 46396

icon 2 059106818666

icon 3 Monday - Sunday, 09.00 - 17.00


×