15 Penyebab Kucing Peliharaanmu Tidak Mau Makan - ANABUL NEWS 15 Penyebab Kucing Peliharaanmu Tidak Mau Makan

15 Penyebab Kucing Peliharaanmu Tidak Mau Makan

15 Penyebab Kucing Peliharaanmu Tidak Mau Makan

15 Alasan Kucing Rumahan Anda Tidak Mau Makan - Apakah kucing rumahan Anda terlihat lemah, tidak aktif, dan tidak antusias? Tentu perilaku seperti ini sering membuat Anabuls khawatir. Salah satu hewan peliharaan yang paling umum dimiliki oleh pecinta hewan adalah kucing.

Tingkah laku kucing yang manja dan menggemaskan seringkali menjadi alasan sebagian besar pecinta hewan memeliharanya. Jika Anda memutuskan untuk mengadopsi kucing, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari kebersihan, kesehatan dan yang terpenting makanan.
Sebagai pecinta kucing, Anabuls tentu berharap agar kucing peliharaan Anda tumbuh menjadi berani, menawan dan menggemaskan. Tapi apa yang terjadi jika kucing rumahan Anda tidak mau makan? 

Mogok makan cukup umum terjadi pada kucing rumahan. Hewan peliharaan bisa kehilangan nafsu makan karena berbagai alasan. Kebosanan dengan menu sehari-hari dan keinginan untuk mencoba sesuatu yang baru seringkali menjadi alasannya.

Namun masalah kesehatan yang serius juga bisa menjadi penyebab kucing menolak makan. Untuk melakukan ini, Anabuls perlu mengetahui mengapa kucing rumahan Anda tiba-tiba bertingkah seperti ini. Mengapa? Karena kucing sebagai hewan peliharaan pandai bersembunyi.

Sebagai hewan peliharaan, kucing cenderung pilih-pilih makanan. Terlalu banyak makanan membuat kucing sakit dan makanan yang salah menyebabkan diare. 

Hewan harus mengandalkan simpanan lemaknya untuk energi saat mereka tidak cukup makan. Hati harus memproses lemak sebelum dapat digunakan sebagai bahan bakar. Proses ini tentunya membutuhkan asupan protein yang cukup.

Penurunan berat badan terjadi dengan sangat cepat ketika kucing kesayangan Anda tidak mau makan. Protein segera habis dan hati tidak dapat lagi memproses semua lemak. Tanda-tanda penyakit seringkali menjadi alasan mengapa kucing tidak mau makan. Anabuls harus berkonsultasi dengan dokter hewan setelah melihat perubahan kebiasaan makan kucing peliharaan. Anabuls harus cepat tanggap terhadap masalah yang muncul agar kesehatan kucing peliharaan bisa kembali membaik. 

Anabuls bisa menyelesaikan masalah lebih cepat jika mereka melihat perubahan pola makan kucing sejak awal. Kehilangan nafsu makan dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak tepat, penyakit, dan stres.

Untuk itu, Anabuls perlu mengetahui beberapa penyebab kucing kehilangan nafsu makan. Ingin tahu mengapa kucing dalam ruangan Anda tidak mau makan? Yuk, simak artikel ini sampai habis. 

15 penyebab hilangnya nafsu makan pada kucing

1. Penyakit pernapasan

Salah satu tanda terpenting bahwa ada sesuatu yang salah adalah saat kucing mulai kehilangan nafsu makan. Jadi pastikan Anabuls memperhatikan kondisi kucing yang tiba-tiba mogok makan.

Masalah pernapasan bisa menjadi alasan pertama mengapa kucing tidak mau makan. Masalah pernapasan, seperti penurunan indra penciuman dan kemampuan bernapas kucing, dapat menyebabkan mereka kehilangan nafsu makan. 

Penyakit pernapasan bagian atas dapat menyebabkan mata dan hidung tersumbat pada kucing peliharaan Anda. Hal ini terlihat dari kotoran yang keluar dari mata dan hidung kucing. Kondisi ini dapat mengakibatkan hilangnya penglihatan dan penciuman secara terbatas atau sementara.

Pada saat yang sama, penyakit pada saluran pernapasan bagian bawah dapat memengaruhi organ paru-paru kucing dan membuatnya sulit bernapas. Menggunakan beberapa antibiotik sederhana untuk membersihkan dapat mengatasi masalah pernapasan kucing Anda. Selain itu, kucing kehilangan nafsu makan saat tidak bisa mencium bau makanan. 

2. Penyakit pada saluran pencernaan

Adanya penyakit pada saluran pencernaan bisa menjadi penyebab mengapa kedua kucing tidak mau makan. Masalah pada sistem pencernaan kucing seperti pankreas, usus, atau bagian lain dapat menyebabkan kucing berhenti makan.

Kucing Anda mungkin juga mengalami sakit perut, diare, dan muntah. Gangguan pencernaan biasanya merupakan tanda pertama hilangnya nafsu makan kucing. Masalah umum pada sistem pencernaan adalah tumor, mulas, parasit, ketidakseimbangan bakteri usus, iritasi usus, dll.


3. Menelan benda asing

Kucing sering kehilangan nafsu makan setelah menelan benda asing. Bola rambut dan benda asing lainnya dapat menyebabkan penyumbatan di usus atau perut. 

Beberapa kucing suka menelan benda asing yang tidak bisa disentuh. Benda asing bisa tersangkut di perut atau usus.

Menelan benda asing yang tersangkut dapat menyumbat saluran pencernaan dan menyebabkan hilangnya nafsu makan. Selain itu, menelan benda asing dapat menyebabkan diare dan muntah.

4. penyakit gigi

Penyakit di area mulut dan gigi bisa menjadi penyebab kucing tidak mau makan. Kucing peliharaan Anda mungkin berhenti makan karena kondisi gigi dan gusinya yang menyakitkan. 

Sama seperti manusia, kucing Anda mungkin tidak mau makan jika mulutnya sakit. Masalah gigi pada kucing peliharaan bisa sulit didiagnosis oleh dokter gigi.

Jadi Anabuls disuruh pergi ke dokter hewan untuk diperiksa. Di sana, dokter biasanya membius kucing untuk menilai masalahnya.

5. Rasa makanan

Rasa makanan mungkin menjadi alasan mengapa kucing tidak mau makan. Kucing memiliki nafsu makan yang cukup unik. Oleh karena itu, Anabuls harus mengenali pilihan rasa yang disukai kucing rumahan Anda. Kucing adalah hewan peliharaan ramah yang menikmati makanan yang mengandung ikan seperti salmon, mackerel, tuna, dan halibut. 

6. Bentuk atau tekstur makanan

Bagi pecinta kucing Anabuls, makanan bisa menjadi salah satu faktor penyebab kucing berhenti makan. Bentuk atau tekstur makanan mungkin menjadi penyebab kucing tidak mau makan.

Kucing sebagai hewan peliharaan sensitif terhadap jenis atau senyawa makanan tertentu. Beberapa kucing sering lebih menyukai makanan kaleng yang berbentuk bulat, segitiga, kering, renyah, atau basah. Umumnya ada dua jenis makanan kucing yang biasa diberikan yaitu makanan basah dan makanan kering. Kucing bosan jika Anda hanya memberi mereka makanan.

Anabuls merekomendasikan pemberian makanan yang bervariasi dengan mencampur makanan basah atau makanan basah dengan makanan kering atau dry food. Kemudian merek makanan masing-masing juga berpengaruh. Gram dapat mencoba mengganti merek makanan atau mencampurnya untuk membangkitkan selera kucing. 

7. Makanannya sudah tua atau ketinggalan zaman

Makanan basi atau basi menjadi alasan tujuh ekor kucing menolak makan. Jika Anabuls memberinya makanan basi atau kedaluwarsa, dia mungkin tidak mau memakannya.

Seperti manusia, kucing menyukai makanan segar dan enak. Untuk mencegahnya, Anabuls menganjurkan untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsa makanan tersebut. Atau setidaknya Anda bisa mencium bau makanan terlebih dahulu untuk menentukan apakah sudah basi atau belum. Kemudian Anabuls juga bisa menyimpan makanannya di tempat yang sejuk dan kering, agar tidak cepat basi. Hal lain yang perlu diingat adalah hindari menyimpan terlalu banyak makanan kucing.

8. Bau makanan

Bau atau rasa dari makanan yang dimakannya menjadi salah satu penyebab mengapa kucing tidak mau makan. Periksa kembali pakan untuk melihat apakah ada perubahan yang dilakukan pada formula pakan biasa.

Ini penting untuk mencegah kucing rumahan Anda menjadi anoreksia. Terkadang kucing, sebagai hewan yang sensitif, merasa ada yang tidak beres dengan komposisi makanannya dan tidak mau memakannya.

9. Vaksinasi

Apakah Anabuls mengetahui kucing menolak makan setelah vaksinasi rutin? Jika demikian, alasan kucing rumahan Anda kemungkinan besar tidak mau makan adalah karena reaksi negatif terhadap suntikan.

Meskipun suntikan menyelamatkan nyawa jutaan hewan, vaksin seringkali menyebabkan beberapa efek samping. Kehilangan nafsu makan karena vaksinasi sering terjadi pada hewan. Efek ini biasanya ringan dan sementara.

10 Perubahan perjalanan dan rutinitas

Sama seperti manusia, kucing harus beradaptasi sebagai hewan peliharaan. Kehilangan nafsu makan bisa disebabkan oleh perubahan rutinitas yang membuatnya stres.

Beberapa hewan peliharaan sering menderita mabuk perjalanan saat bepergian dengan mobil atau pesawat. Nah Anabuls, hal ini bisa mengakibatkan kucing menjadi mual atau muntah dan tidak mau makan. 

11. Masalah kecemasan dan kesehatan mental

Jika kucing rumahan Anda didiagnosis menderita penyakit non-fisik, kemungkinan besar kecemasan atau depresi menjadi penyebab kucing enggan makan. Sebagai hewan peliharaan yang sensitif, kucing dapat merasakan perubahan di rumah atau keluarga.

Orang baru atau perubahan jadwal rutin dapat memengaruhi keadaan emosi kucing rumahan Anda. Secara umum, kucing membutuhkan waktu lama untuk terbiasa dengan orang baru, kondisi kehidupan baru, jenis makanan baru, dan perubahan pola makan baru. Selain itu, kucing bisa kehilangan nafsu makan saat cuaca panas. Jika nafsu makan kucing rumahan Anda "berat" dan tidak memiliki teman, hal ini dapat memicu stres dan menurunkan nafsu makannya. 

12. Perubahan cuaca

Perubahan cuaca seringkali menjadi penyebab mengapa kucing tidak mau makan. Kucing sendiri merupakan hewan peliharaan yang menyukai suasana atau cuaca yang hangat. Saat cuaca hangat atau panas, kucing memilih untuk tidur.

Saat kucing datang dalam cuaca dingin, mereka ingin minum susu hangat. Oleh karena itu Anabuls menganjurkan untuk merawat dan menjaga suhu udara di dalam ruangan agar selalu hangat. Juga, jangan nyalakan AC jika terlalu dingin. 

13. Hamil

Kucing memiliki nafsu makan yang berbeda selama kehamilan. Beberapa kucing memiliki nafsu makan yang tinggi saat hamil, dan ada juga kucing yang menolak makan saat hamil.

Seperti halnya manusia, kucing hamil juga bisa mengalami morning sickness. Biasanya kucing mengalami morning sickness saat kehamilan dimulai pada usia 3-4 minggu. Akibatnya, kucing bisa kehilangan nafsu makan.

14. Makan terlalu dingin

Jika kucing kesayangan Anda menolak makanan basah atau makanan basah yang biasa diberikan, coba perhatikan apakah terlalu dingin untuk dimakan. Makanan basah atau makanan basah yang menjadi dingin akan kehilangan aroma sedapnya, apalagi jika disimpan di lemari es. Itulah mengapa disarankan untuk menghangatkan Anabuls sebelum memasukkannya ke dalam mangkuk, agar kucing Anda tidak kehilangan nafsu makan. 

15. Makanan di dekat air atau tempat sampah

Jika diperhatikan dengan seksama, kucing yang berkeliaran bebas makan, minum, dan buang air besar di tempat yang berbeda. Menempatkan mangkuk air, mangkuk makanan, atau kotak pasir di tempat yang sama bisa membuat kucing enggan makan. Oleh karena itu, Anabuls dianjurkan untuk mengeluarkan makanannya dari water bowl atau kotak pasir untuk melihat perubahan yang terjadi. 


Nah, Anabuls ini dia 15 alasan mengapa kucing tidak mau makan. Pastikan Anabuls berkonsultasi dengan dokter hewan Anda juga untuk menghindari masalah serius menghentikan kucing kesayangan Anda makan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, Anabuls! 










































































DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk pakan kucing jalanan dan memperpanjang domain www.anabul.store. Terima kasih.

Anabul Related Posts

Anabul Related Posts

Anabul™ Store

Welcome The Cat Story about Fur Cub Bandits and Catlover channels and This channel was created to facilitate the sharing of knowledge and stories concerning the life of street cats. theBandits feline A program is in place to help stray or street cats that need it, especially sick ones, kittens that are still with their moms, undernourished cats, and others. Videos will be shown to educate or evoke empathy for cats who must live close to humans and must thus live on the streets or in shelters. We may all hopefully view and listen to the videos to increase our concern for other living beings.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
CONTACT US

Head Office.

icon 1 Perum Margahayu Raya, Jl. Pluto Selatan 1, Margasari, Buahbatu, Bandung, Jawa Barat 46396

icon 2 059106818666

icon 3 Monday - Sunday, 09.00 - 17.00


×