5 Fakta Kucing Busok Asli Indonesia yang Diakui Dunia - ANABUL NEWS 5 Fakta Kucing Busok Asli Indonesia yang Diakui Dunia

5 Fakta Kucing Busok Asli Indonesia yang Diakui Dunia

 

Kucing busok diakui dunia | Foto dari Bogor Today

ANABUL NEWSRas kucing yang berasal dari ras asing seperti Ragdoll, Persia, Bengal, dan Sphynx sangat mudah ditemukan. Namun, tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki ras kucing yang dikenal secara global bernama Busok? 
Busok mungkin merupakan kucing endemik Pulau Raas, Madura, Jawa Timur. Kucing ini sering disebut sebagai kucing Raas. Meski asli Indonesia, tidak heran jika kucing busok masih cukup asing di telinga masyarakat Indonesia karena penduduk setempat sangat menjaga keaslian kucing busok tersebut. Apalagi sekarang kucing Busok semakin langka. Berikut beberapa fakta tentang kucing Busok yang perlu kamu ketahui! 

Ciri-ciri kucing Busok yang sering dianggap sebagai leopard asal Madura

  • Kucing sloth memiliki bulu biru keabu-abuan dan bulu perut putih tanpa tanda lain di tubuhnya. Bulu Busok cukup halus dan berkilau seperti kucing European Russian Blue dan British Shorthair. Bulu Busok juga umumnya cukup tebal dibandingkan dengan kucing kampung. Karena sikapnya, Busok adalah kucing kecil. Wajahnya agak persegi di bagian atas dan mengarah ke dagu. Hidungnya berukuran sedang dan bengkok seperti singa. Bentuk telinga runcing sedikit ke atas. Bentuk tubuh ini membuat Busok terlihat seperti kucing hutan atau macan tutul. Selain itu, meski tubuhnya cukup pendek, Busok umumnya berukuran lebih besar dari kucing kampung. Oleh karena itu, Busok sering disebut sebagai macan madura. 

Watak kucing Busok cukup sulit untuk dekat dengan manusia

  • Jika kucing kampung biasanya memiliki hubungan dekat dengan manusia, maka berbeda halnya dengan busok. Kucing ini cukup sulit beradaptasi dan takut pada manusia. Sifat Busok biasanya membuatnya lebih kalem dan lincah. Namun, pecinta kucing tidak perlu khawatir, meski sulit beradaptasi dengan orang, Busok tetap bisa bersikap baik kepada "tuannya" atau lingkungan yang sudah akrab

Busok dipercaya membawa nasib baik bagi pemeliharanya

  • Pada tahun 90-an, kucing Busok dijadikan oleh-oleh bagi tamu yang berkunjung ke Madura. Hal ini dikarenakan Busok konon bisa mendatangkan kebaikan dan kekayaan yang melimpah bagi pemiliknya. Selain itu, kucing Busok dipercaya memiliki kemampuan misterius yang dipercaya membawa kesialan jika dikeluarkan tanpa izin dari pemuka adat Pulau Raas. 

Kucing Busok benar-benar dijaga keasliannya sebagai endemik Pulau Raas

  • Seperti kucing asli Raassaari, penduduk setempat melarang keras pendatang baru membawa Busok dari pulau itu. Selain itu, ada pula mitos-mitos malang yang diyakini masyarakat setempat. Namun, jika dihilangkan, mereka perlu disterilkan atau dikebiri untuk menjaga kemurnian ras kucing. Riset Kompas juga menemukan bahwa Busok sebenarnya endemik Pulau Raas karena tidak ditemukan di tempat lain. Karena keasliannya yang terjaga, pemerintah Kabupaten Sumenep mengusulkan untuk mengakui Busok sebagai ras kucing asli Indonesia. 

Kini kucing Busok telah diakui oleh Dunia sebagai kucing asli Indonesia

  • Indonesian Breed and Raas Catshow, kompetisi kucing internasional yang diinisiasi oleh Public Info dan diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian acara Visit Sumenep, menampilkan Busok sebagai ikon pulau Raas. Usai acara, tim komunitas Cat Fancy Indonesia (CFI) melanjutkan perjalanan penelitian ke Habitat Busok. Ekspedisi tersebut menemukan beberapa sampel gen Busok, yang kemudian dikirim Indonesia untuk dipresentasikan di forum internasional di hadapan Kongres Otomotif Dunia, yang bertanggung jawab melestarikan kucing dunia. Dari situ, Busok kemudian dikenal sebagai kucing asli Indonesia yang berasal dari Madura.  

*** dikupas tuntas oleh: Ratna Asih | Hipwee























































DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk pakan kucing jalanan dan memperpanjang domain www.anabul.store. Terima kasih.

Anabul Related Posts

Anabul Related Posts

Anabul™ Store

Welcome The Cat Story about Fur Cub Bandits and Catlover channels and This channel was created to facilitate the sharing of knowledge and stories concerning the life of street cats. theBandits feline A program is in place to help stray or street cats that need it, especially sick ones, kittens that are still with their moms, undernourished cats, and others. Videos will be shown to educate or evoke empathy for cats who must live close to humans and must thus live on the streets or in shelters. We may all hopefully view and listen to the videos to increase our concern for other living beings.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
CONTACT US

Head Office.

icon 1 Perum Margahayu Raya, Jl. Pluto Selatan 1, Margasari, Buahbatu, Bandung, Jawa Barat 46396

icon 2 059106818666

icon 3 Monday - Sunday, 09.00 - 17.00


×