Kucing – Taksonomi, Morfologi, 50 Jenis, Ciri, Perilaku dan Sejarah - ANABUL NEWS Kucing – Taksonomi, Morfologi, 50 Jenis, Ciri, Perilaku dan Sejarah

Kucing – Taksonomi, Morfologi, 50 Jenis, Ciri, Perilaku dan Sejarah

 

Kucing – Taksonomi, Morfologi, 50 Jenis, Ciri, Perilaku dan Sejarah



Kucing termasuk mamalia karnivora dari keluarga Felidae. Habitat hewan cantik ini ada di pedesaan dan mereka biasanya tinggal bersama manusia sebagai hewan peliharaan. Selain itu, kucing juga hidup di alam bebas sehingga dikenal dengan sebutan kucing hutan.

Istilah kucing dalam artikel ini mengacu pada kucing kecil yang telah dijinakkan dan dipelihara oleh manusia. Karena istilah kucing juga bisa digunakan untuk kucing besar seperti harimau atau singa yang tercakup dalam artikel kucing hutan

Taksonomi

Berikut ini adalah taksonomi kucing dengan nama ilmiah Felis Catus.

KingdomAnimalia
FilumChordata
SubfilumVertebrata
KelasMamalia
OrdoCarnivora
FamiliFelidae
GenusFelis
SpesiesFelis Catus

Morfologi

Berbeda dengan anjing yang bentuk tubuhnya berbeda-beda, kucing justru memiliki struktur tubuh yang hampir sama di antara spesies yang berbeda. Secara umum, tidak ada perbedaan struktur tubuh yang signifikan antara kucing, termasuk kucing domestik, ras, atau liar.

Kucing adalah hewan yang memiliki bagian tubuh yang menakjubkan dari luar hingga organ fisiknya. Setiap bagian tubuh tersusun pada tempatnya dengan fungsi yang luar biasa.

Setiap jenis kucing memiliki bentuk, warna bulu, dan karakteristik yang khas. Faktanya, setiap ras memiliki wajah yang unik, dari kucing pipih hingga kucing bulat. Ada juga kucing yang telinganya mengarah ke atas, dan ada juga yang ukurannya berbeda saat dilipat. Ada yang bulunya panjang, pendek, keriting, bahkan tidak berbulu.

Kucing memiliki mata yang dilengkapi iris atau iris berbentuk celah. Uniknya, iris mata kucing bisa menyempit dan melebar tergantung kondisi lingkungan. Saat iris menyerap banyak cahaya, biasanya dari sinar matahari atau lampu, iris menyusut dan berbentuk kerucut dan melengkung.

Sebaliknya, saat iris mata kucing menyerap sedikit cahaya, yang biasanya terjadi pada malam hari atau saat kucing berada di ruangan gelap, maka iris mata kucing akan menjadi lebih lebar dan bulat.

Dalam hal gerak, kucing memiliki dua pasang kaki, terdiri dari kaki depan dan belakang. Ukuran kaki ini bisa pendek atau panjang, tergantung spesiesnya.

Kucing biasanya memiliki lima jari di kaki depan dan empat di kaki belakang. Sedangkan kucing yang lahir dengan 6-7 jari kaki di kaki depan atau belakang disebut sebagai polydactyl.

Sedangkan tubuh kucing dilengkapi dengan ekor untuk menjaga keseimbangan tubuh terutama saat melompat atau berlari. Setiap spesies kucing memiliki bentuk ekor yang berbeda-beda, ada yang pendek, panjang, keriting atau tidak berekor sama sekali.

Kucing terkenal dengan tulangnya yang besar dan ukurannya yang kecil. Terdapat kurang lebih 244 tulang pada tubuh kucing, tergantung dari panjang ekor kucing tersebut. Jumlah ini sekitar 38 lebih banyak dari jumlah tulang manusia. Uniknya, tulang kucing sangat lentur, dengan 30 tulang belakang memungkinkannya bergerak dengan sangat baik.

Pada dasarnya tubuh kucing terbagi menjadi dua tipe ekstrim yaitu Cobb dan Slender. Kucing dengan tipe tubuh kekar atau pendek dan bulat cenderung memiliki kaki yang pendek, bahu yang lebar, dan kepala yang bulat, seperti kucing Persia Shorthairs dan Exotic. Sedangkan tipe slim atau tinggi kurus biasanya berotot, dengan tulang kecil dan kepala ramping, seperti kucing Siam dan Bali. 




Lebih khusus lagi, tipe tubuh kucing terbagi dalam enam kategori berbeda, termasuk:

1. Oriental

Kucing dengan tipe tubuh oriental memiliki tubuh yang lebih kurus, kepala yang panjang dan agak segitiga, mata berbentuk almond, dan telinga yang besar. Meski hidung, ekor dan kakinya terlihat panjang. Contoh kucing oriental adalah kucing Shorthair dan Bali.


2. Foreign

Tipe selanjutnya adalah alien bertubuh ramping, meski tidak selangsing Oriental. Ia memiliki tubuh atletis, telinga besar, mata berbentuk almond, ekor panjang, dan kaki panjang. Beberapa kucing dengan jenis asing adalah kucing Turkish dan Somali Angora.

3. Semi-foreign

Seperti kucing eksotis, kucing semi-eksotis memiliki ciri-ciri yang sedikit lebih kurus tetapi bertubuh lebih besar. Contohnya adalah Kucing Mesir dan Havana Brown.

4. Cobby

Kucing tipe cobby memiliki tubuh yang pendek dan berotot. Mata dan kepalanya bulat, telinganya kecil, hidungnya rata dan ekornya pendek. Beberapa jenis kucing Cobb adalah kucing Persia, Manx dan Himalayan. 

5. Semi-cobby

Sama halnya dengan kucing kobi, kucing semi kibi memiliki tubuh dan kepala yang lebar dan bulat, serta kaki yang pendek. Contoh tipe Cobb adalah American Shorthair dan British Shorthair.

6. Substansial

Kucing besar lebih mudah dikenali karena besar, kuat, tetapi tidak bulat. Contohnya adalah kucing Maine Coon, Bengal dan Burma.

Ciri Khas Kucing

Sebagai salah satu mamalia peliharaan paling populer, kucing memiliki ciri-ciri sebagai berikut:


1. Warna Mata

Sampai saat ini, pewarisan genetik mata kucing belum dapat dijelaskan secara lengkap dan pasti. Warna mata bukan hanya tentang pewarna, tetapi juga tentang pantulan cahaya dari mata kucing itu sendiri.  

Secara umum perbedaan warna mata pada setiap kucing ditentukan oleh granularitas, konsentrasi dan lapisan melanin. Selain itu, warna mata hewan cantik ini juga ditentukan oleh intensitas melanin di depan atau di belakang iris mata.

2. Bulu

Salah satu ciri kucing yang membedakannya dengan hewan lain adalah bulunya. Ada sekitar 9.600 rambut per cm2 di sisi atas kulit dan sekitar 19.200 rambut per cm2 di sisi bawah. Warna bulu setiap kucing juga bergantung pada jumlah gen dalam kromosom penyusunnya. Ada gen dominan seperti hitam, ada juga gen resesif seperti biru.

Menurut para ahli, sumber warna bulu berasal dari kandungan melanin. Sementara itu, mamalia biasanya memiliki dua pigmen, yaitu melanin hitam dan merah.

3. Kepala

Kepala kucing memiliki beberapa bagian, mulai dari tengkorak, rongga mata, dan rahang. Ketiga bagian ini saling terkait dan melekat erat pada tubuh kucing. Secara umum, bentuk kepala kucing dipengaruhi oleh ras kucing tersebut.

Pada umumnya kucing ras memiliki bentuk dan ciri kepala yang berbeda-beda, sedangkan bentuk kepala kucing lokal biasanya sama atau tidak memiliki perbedaan yang signifikan. 

4. Hidung

Seperti kepala, bentuk kehidupan kucing dapat dipisahkan menurut jenisnya. Hidung kucing memiliki berbagai bentuk, mulai dari datar atau curam, pendek, sedang, dan lancip.

Beberapa kucing, seperti kucing Persia, memiliki hidung yang rata atau pesek. Ada ras lain yang berhidung mancung atau mancung, seperti kucing Bali. 

5. Ekor

Kucing memiliki berbagai macam bentuk ekor, dari ukuran ekor panjang, sedang, dan pendek hingga tanpa ekor sama sekali. Kucing berekor panjang biasanya memiliki ciri-ciri seperti: B. Berekor berbulu tebal dan halus (kucing Persia), berbulu lembut dan halus (kucing Ragdoll), atau berekor seperti cambuk (kucing Sphynx).

Begitu pula kucing dengan ekor sedang dicirikan oleh ekor yang tebal di bagian pangkal dengan ujung yang tumpul, ujung ekor yang membulat, atau ekor yang tidak berbulu jauh. Kucing dengan ekor pendek terdiri dari pangkal yang tebal dan runcing, ekor yang tebal dan lurus membentuk lingkaran. 

Sejarah Kucing

Menurut sejarah, sejak 6000 SM, kucing telah bercampur dengan manusia, terbukti dengan ditemukannya kerangka kucing di pulau Siprus atau beberapa negara Mediterania timur. Bersamaan dengan itu, ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa bangsa Mesir hidup pada tahun 3500 SM. menggunakan kucing untuk mengusir hewan pengerat yang mengganggu dari lumbung padi. 



Kucing dengan garis keturunan murni tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau pure breed, seperti Persia, Sphynx, Manx, dan lain sebagainya. Menurut penelitian, jumlah ras kucing seperti ini hanya ada sekitar 1% dari jumlah keseluruhan populasi kucing di dunia. Biasanya, kucing pure breed ini hanya dikembangbiakkan di tempat pemeliharaan resmi.

Selain kucing pure breed, ada juga kucing lokal atau kucing kampung yang merupakan hewan karnivora kecil yang termasuk dalam golongan hewan mamalia crepuscular. Kucing jenis ini diketahui telah hidup berdampingan dengan manusia sejak 9.500 tahun yang lalu.

Kucing lokal di Indonesia dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kucing yang hidup di dalam rumah karena dipelihara oleh manusia dan kucing yang hidup secara liar. Biasanya, kucing lokal yang hidup liar lebih banyak ditemukan di tempat-tempat umum, seperti pasar, jalanan, ataupun tempat wisata.

Sifat dan Karakteristik

Kucing dikenal sebagai salah satu hewan predator terhebat di dunia. Pasalnya, kucing memiliki keterampilan berburu yang mengagumkan. Seekor kucing mampu memburu lebih dari 1.000 spesies selama hidup.

Tubuhnya yang kecil membuat kucing dinilai tidak berbahaya bagi manusia. Namun, risiko tertular penyakit seperti rabies teta bisa terjadi jika kita tidak sengaja tergigit atau tercakar oleh binatang ini.

Kucing diidentikkan sebagai hewan penyendiri, tapi tak jarang juga kucing membentuk koloni seperti halnya kucing-kucing liar yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal manusia. Kendati demikian, koloni kucing liar tidak akan menyerang seperti kelompok singa yang kerap melakukan penyergapan terhadap mangsanya.

Di samping itu, setiap kucing cenderung memiliki daerah kekuasaan tersendiri. Untuk kucing jantan yang masih aktif secara seksual biasanya memiliki daerah yang cukup tersebar, sementara kucing jantan yang telah steril mempunyai daerah yang lebih sempit.

Kucing juga memiliki daerah netral, dimana kucing dari semua penjuru bisa bertemu sekaligus saling mengawasi tanpa terjadi konflik teritorial antara satu dan lainnya. Apabila kucing berada di luar daerah netral, maka kucing penguasa biasanya akan langsung mengejar dan mengusir asing tersebut.

Kucing lebih menyukai suasana hangat dan suka berjemur di bawah sinar matahari. Salah satu perilaku kucing yang cukup unik adalah saat buang kotoran. Biasanya, kucing akan mengubur kotoran tersebut di dalam pasir hingga tertutup.

Kucing juga berkerabat dekat dengan hewan-hewan gurun. Itulah salah satu alasan mengapa kucing tidak terlalu tahan dengan kondisi hujan, kabut, ataupun salju.

Meski begitu, ada beberapa jenis kucing yang tahan terhadap cuaca ekstrim seperti itu, misalnya Norwegian Forest Cat dan kucing Maine CoonKedua jenis kucing ini mampu mempertahankan suhu tubuh normalnya di angka 39o Celsius.

Selain itu, sebagian besar kucing diketahui tidak suka berendam dalam air. Namun, ada juga sebagian kecil kucing yang menyukai hal tersebut, seperti jenis kucing Turkish Van.

Perkembangbiakan

Kucing mengalami masa kehamilan sekitar 63 hari. Anak-anak kucing yang dilahirkan umumnya dalam kondisi buta dan tuli. Kondisi ini akan berubah saat anak kucing berusia 8-10 hari. Induk kucing dapat mengandung lebih dari empat bayi kucing sekaligus. Sebab, jenis rahim kucing memiliki bentuk yang unik dengan empat bagian yang berbeda.

Induk kucing menyapih anak kucingnya pada usia 6-7 minggu, sedangkan kematangan seksual kucing biasanya terjadi pada usia 10-15 bulan. Kucing biasanya memiliki berat antara 2,5 dan 7 kg.

Namun, ada kasus ketika berat kucing mencapai 23 kg karena makan berlebihan. Padahal, gizi buruk tidak dianjurkan karena mempengaruhi kesehatannya.

Umur rata-rata kucing adalah 15-20 tahun. Sejarah memberi tahu kita bahwa kucing tertua yang pernah berjalan di bumi adalah Crème Puff. Kucing ini mati di usia 23 tahun 3 hari.

Perilaku Kucing

Jika kita amati, kucing memiliki perilaku yang baik, sehingga banyak orang yang menyukai hewan ini. Tentunya bagi pecinta kucing, tingkah hewan cantik ini bisa menjadi alat yang tepat untuk memahami keinginannya. 



Nah, berikut beberapa perilaku atau perilaku kucing yang perlu kita pahami, yaitu:


1. Mendengkur

Kucing termasuk mamalia yang sering mengeluarkan suara mendengkur. Hal ini biasanya terjadi saat kucing sedang merasa senang, nyaman, atau mengalami tingkat kepuasan tertentu.

Namun, beberapa ahli menyatakan bahwa ada faktor lain yang menyebabkan kucing mendengkur. Misalnya saat kucing sakit atau akan mati. Pada dasarnya tujuan mendengkur kucing adalah untuk mengurangi rasa sakit atau stres. Bunyi ini juga biasanya terdengar saat kucing hendak melahirkan. Selain itu, anak kucing yang mengisap induknya sering kali mendengkur yang sama.

Perhatikan bahwa gelombang Hertz dari dengkuran kucing berkisar antara 25 hingga 150 Hz, yang diyakini dapat mengurangi stres dan depresi pada kucing.

2. pijat

Mungkin sedikit dari kita yang pernah melihat kucing menggosok. Salah satu perilaku unik kucing adalah menggosok dengan kaki bergantian. Biasanya telapak tangan ini digunakan untuk mencekik bagian tubuh tertentu kucing atau orang lain.

Hal lain yang sering dilakukan kucing saat mencakar adalah menarik cakarnya dengan lembut berulang kali. Biasanya, kucing juga mengeluarkan suara mendengkur saat menggosok. Kita juga bisa melihat anak kucing mengelus perut induknya sambil menghisap. Hal ini dilakukan agar susu mengalir lebih merata. Nah, jika kucing menggosok seseorang, itu berarti kucing itu telah membawanya ke pemiliknya.

3. Refleks meluruskan tubuh

Salah satu kemampuan unik kucing adalah refleksnya. Refleks ini merupakan salah satu jenis kemampuan kucing untuk mengarahkan tubuhnya saat jatuh ke posisinya. Kemampuan ini biasanya sudah ada pada kucing berumur 3-4 minggu dan semakin lengkap saat kucing berumur 7 minggu.

Kemampuan refleks untuk meluruskan tubuh disebabkan oleh fakta bahwa kucing memiliki tulang belakang yang sangat fleksibel dan kalung yang sangat fungsional.

Jenis kucing
Setidaknya ada 50 spesies kucing yang berbeda di dunia, termasuk:

  1. Manx
  2. Maine Coon
  3. British Shorthair
  4. Burmese
  5. Chinchilla Longhair
  6. Ragdoll
  7. Birman
  8. Tonkinese
  9. Somali
  10. Persian
  11. Norwegian Forest
  12. Bobcat / Blacan (Kucing Liar)
  13. Anggora
  14. Sphynx
  15. Balinese
  16. Siamese
  17. Exotic Shorthair
  18. American Wirehair
  19. Munchkin
  20. Kucing Asli Indonesia
  21. American Bobtail
  22. Cymric
  23. Tiffanie
  24. Japanese Bobtail
  25. Bengal
  26. Javanese
  27. Toyger
  28. American Shorthair
  29. Egyptian Mau
  30. Burmilla
  31. Turkish Van
  32. Tiffany
  33. Scottish Fold
  34. Peterbald
  35. Savannah
  36. Ashera
  37. Abyssinian
  38. Cheetoh
  39. Ocicat
  40. Sailan
  41. Chausie
  42. American Curl
  43. American Ringtail
  44. Anatolian
  45. Aphrodite
  46. Cornish Rex
  47. Devon Rex
  48. Nebelung
  49. California Spangled
  50. Grumpy
Untuk penjelasan lengkap tentang jenis-jenis kucing pada daftar di atas dan gambarnya, ikuti tautan di bawah ini: Jenis kucing dan gambar dari seluruh dunia, sempurna


*** dikupas tuntas oleh: RimbaKita

























































DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk pakan kucing jalanan dan memperpanjang domain www.anabul.store. Terima kasih.

Anabul Related Posts

Anabul Related Posts

Anabul™ Store

Welcome The Cat Story about Fur Cub Bandits and Catlover channels and This channel was created to facilitate the sharing of knowledge and stories concerning the life of street cats. theBandits feline A program is in place to help stray or street cats that need it, especially sick ones, kittens that are still with their moms, undernourished cats, and others. Videos will be shown to educate or evoke empathy for cats who must live close to humans and must thus live on the streets or in shelters. We may all hopefully view and listen to the videos to increase our concern for other living beings.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
CONTACT US

Head Office.

icon 1 Perum Margahayu Raya, Jl. Pluto Selatan 1, Margasari, Buahbatu, Bandung, Jawa Barat 46396

icon 2 059106818666

icon 3 Monday - Sunday, 09.00 - 17.00


×