Jenis Vitamin Kucing - ANABUL NEWS Jenis Vitamin Kucing

Jenis Vitamin Kucing

 Jenis Vitamin untuk Kucing agar tetap Selalu Sehat

 

Kucing kesayanganmu juga butuh vitamin agar tetap sehat! Berikut 8 vitamin untuk kucing dan manfaatnya.


Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan kucing adalah dengan memberi mereka makanan yang baik. Sama seperti manusia, kucing membutuhkan nutrisi yang tepat untuk tumbuh, berkembang dan terhindar dari penyakit.

Secara umum kebutuhan nutrisi kucing terdiri dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan air. Kucing dapat menyerap berbagai nutrisi dari makanan seperti ikan dan daging. Aneka makanan kucing kini juga diproduksi sebagai makanan yang lengkap dan sesuai dengan komposisi yang benar. Anda juga bisa memberikan vitamin pada kucing sesuai anjuran dokter hewan. Menurut American Fed Control Officials (AAFCO), berikut beberapa vitamin yang baik untuk kucing:


1.Vitamin A


Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin kucing yang cukup penting. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga penglihatan dan meningkatkan koordinasi seluler untuk membentuk sistem kekebalan tubuh kucing.

Kucing merupakan hewan nokturnal atau nokturnal. Jadi kucing membutuhkan vitamin A untuk meningkatkan penglihatannya.

Manfaat lain dari vitamin A untuk kucing adalah mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, serta kesehatan reproduksi dan kulit.

2.Vitamin B12


Salah satu ciri kucing yang kekurangan vitamin B12 adalah tampak lesu, lemah, kehilangan nafsu makan dan muntah. Oleh karena itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk melengkapi kucing dengan vitamin B12.

Vitamin B12 memainkan peran penting dalam sistem saraf dan metabolisme lemak dan karbohidrat tubuh kucing. Vitamin ini juga bisa menjadi vitamin kucing yang bikin gemuk dan mendukung pertumbuhan tulang. 

3.Vitamin B1


Selain B12, vitamin B1 merupakan vitamin B lain yang baik untuk kucing. Juga disebut tiamin, vitamin ini meningkatkan metabolisme karbohidrat dan transmisi saraf pada kucing.

4.Vitamin B2


Vitamin B2 juga disebut riboflavin. Vitamin B2 membantu memecah lemak dan meningkatkan suplai dan penyerapan oksigen. Vitamin ini meningkatkan kesehatan dan kualitas bulu kucing.

Tanda-tanda kucing peliharaan Anda tidak mendapatkan vitamin B2 antara lain badan kurus, rambut rontok hingga yang terparah adalah kematian.

5.Vitamin B3

Vitamin B3 atau niasin berperan penting dalam melindungi kulit kucing dari penyakit seperti infeksi kulit dan mencegah penyakit ginjal. Selain itu, manfaat lain dari vitamin B3 untuk kucing adalah membantu mencerna lemak, karbohidrat, dan protein.

Beberapa gejala kekurangan vitamin B3 pada kucing antara lain penurunan berat badan, lidah hitam, suhu tubuh meningkat dan air liur berbau busuk. Untuk menghindari masalah ini, Anda perlu memastikan kucing Anda mendapatkan cukup vitamin B3. 

6.Vitamin B6

Vitamin B6 membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan mempromosikan produksi sel darah merah. Kekurangan vitamin B6 pada kucing dapat menyebabkan pertumbuhan tubuh yang lambat, anemia, kejang, dan yang terburuk, gagal ginjal.

Selain suplemen kucing atau olahan multivitamin, Anda juga bisa memberikan vitamin B6 dari ikan tuna dan daging ayam.

7.Vitamin D

Salah satu vitamin yang baik untuk kucing adalah vitamin D. Vitamin D bermanfaat untuk meningkatkan kadar kalsium dan fosfor dalam darah, yang membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gagal jantung dan penyakit hati pada kucing.

Berbeda dengan kita yang dapat merangsang produksi vitamin D tubuh melalui paparan sinar matahari, kucing membutuhkan vitamin D dari makanan atau suplemen. Contoh makanan kucing yang kaya akan vitamin D adalah ikan tuna. Anda bisa mengombinasikan konsumsi ikan tuna dengan vitamin D sesuai anjuran dokter hewan.

8. Vitamin E  

Vitamin E adalah jenis vitamin kucing yang juga penting sebagai antioksidan. Vitamin E bisa melindungi kucing dari risiko penyakit seperti gagal jantung, kerusakan mata, dan kemandulan. 

Pemberian suplemen vitamin E dapat mencukupi kebutuhan, namun dengan rekomendasi dokter hewan.

Vitamin untuk kucing terdiri dari berbagai jenis. Sebelum memberikan vitamin atau obat apa pun kepada kucing, kamu harus konsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu, ya. 

Selama kucing kamu sehat dan makan makanan bernutrisi lengkap tiap harinya, vitamin kucing umumnya tidak dibutuhkan. Kalau kucing asal mengonsumsi vitamin tambahan, bisa saja malah timbul dampak buruk bagi tubuhnya. *** dikutip oleh: KLIKDOKTER

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk pakan kucing jalanan dan memperpanjang domain www.anabul.store. Terima kasih.

Anabul Related Posts

Anabul Related Posts

Anabul™ Store

Welcome The Cat Story about Fur Cub Bandits and Catlover channels and This channel was created to facilitate the sharing of knowledge and stories concerning the life of street cats. theBandits feline A program is in place to help stray or street cats that need it, especially sick ones, kittens that are still with their moms, undernourished cats, and others. Videos will be shown to educate or evoke empathy for cats who must live close to humans and must thus live on the streets or in shelters. We may all hopefully view and listen to the videos to increase our concern for other living beings.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
CONTACT US

Head Office.

icon 1 Perum Margahayu Raya, Jl. Pluto Selatan 1, Margasari, Buahbatu, Bandung, Jawa Barat 46396

icon 2 059106818666

icon 3 Monday - Sunday, 09.00 - 17.00


×